Anime Bukan Kartun? Berikut Faktanya - Dewa Otaku

Wednesday, August 19, 2020

Anime Bukan Kartun? Berikut Faktanya

Kartun sama dengan anime
apakah anime itu kartun?
Halo semua, tau kah kamu kalau ternyata anime itu bukanlah kartun? Kali ini, dewa otaku akan membahas hal itu dengan bahasa yang santai.

Bagi kebanyakan otaku dan wibu, setuju atas pernyataan bahwa anime bukanlah kartun. Namun sebelum itu, kita harus mengetahui arti anime dan kartun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI, kartun merupakan film yang menciptakan khayalan gerak sebagai hasil pemotretan rangkaian gambar yang melukiskan perubahan posisi. Sedangkan anime adalah animasi atau kartun khas Jepang.

Dari pernyataan di atas, kita sudah mendapatkan arti anime itu adalah animasi atau kartun yang berasal dari Jepang. Namun, kita juga perlu tahu arti animasi itu sendiri, dan mengapa animasi disandingkan dengan kata atau dengan kartun.

Menurut KBBI, animasi merupakan film yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar yang satu dengan lain hanya berbeda sedikit sehingga ketika diputar tampak di layar menjadi bergerak. Itu artinya, pengertian animasi dengan kartun itu 99% sama. Atau juga bisa dibilang kalau animasi itu adalah sinonim dari kartun.

Namun, kenapa para wibu dan otaku menolak pengertian anime dengan kartun ini berbeda?

Menurut opini admin, para otaku menolak kesamaan arti anime dengan kartun ini adalah, menurut mereka kartun itu hanya dikhususkan untuk anak-anak. Padahal, banyak juga kartun yang dilarang untuk ditonton oleh anak-anak, sama dengan beberapa anime yang juga dilarang.

Yang membedakan dilarang atau tidaknya adalah, genre mereka. Memang banyak masyarakat mengira kalau kartun hanya dikhususkan oleh anak-anak, tetapi apakah mereka pernah berpikir kalau banyak kartun yang punya genre horor atau porno?

So, kartun dan anime tidak 100% dibuat khusus untuk anak-anak. Yang membedakan itu khusus anak-anak atau bukan adalah genre dari kartun atau animasi atau anime Jepang tersebut

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda