Apasih Arti Itadakimasu Itu? Ini Dia Jawabannya! - Dewa Otaku

Saturday, August 8, 2020

Apasih Arti Itadakimasu Itu? Ini Dia Jawabannya!

Arti Itadakimasu
dewaotaku.com
Konnichiwa minna-san, apa kabar? Sudah nonton berapa episode anime kamu hari ini? Hm, kamu pasti sering kan dengar istilah itadakimasu dalam serial anime atau film-film Jepang lainnya? Nah, buat kamu yang belum tahu, dewa otaku akan memberi kamu informasi singkat dan jelas mengenai arti dari itadakimasu ini.

Pengucapan ini biasanya disebutkan dalam serial anime atau film Jepang pada saat mereka hendak menyantap makanan. Selain itu, gerakan tangan merekapun seolah-olah sedang mengucapkan doa agar makanan mereka itu menjadi bermanfaat kedepannya.

Hal ini membuat banyak orang mengira dan menganggap ucapan itadakimasu menjadi ucapan "selamat makan". Padahal, hal itu tidak sepenuhnya benar dan bisa dikatakan tidak tepat, mengapa? Ini dia jawabannya.

Itadakimasu adalah ucapan terima kasih saat hendak menyantap makanan. Lebih jelasnya, itadakimasu memiliki arti "saya terima" (dengan senang hati). Ucapan ini bermaksud untuk mengucap syukur dan terima kasih atas pengorbanan para hewan atau tumbuh-tumbuhan yang rela untuk mereka jadikan santap makanan.

Selain kepada isi dari makanan, mereka juga bermaksud untuk mengucap rasa syukur dan terima kasihnya kepada sang pembuat makanan, atas usaha dan keringat mereka demi menghidangkan makanan yang menjadi sumber tenaga tersebut.

Maka dari itu, tidak heran jika orang Jepang sangat menghargai makanan yang mereka miliki. Jika kamu pergi ke Jepang dan merasa benci dengan makanan yang ada di depanmu, kamu akan dianggap sangat tidak sopan dan tidak mencerminkan sebagai seorang manusia beradab.

Ada istilah kasar dari ucapan itadakimasu, yaitu itadaku. Itadaku berarti menerima, tapi ini kurang cocok untuk diucapkan sebelum makan karena penerapannya lebih condong ke itadakimasu. Ucapan ini lebih ke percakapan sehari-hari rakyat Jepang.

Nah guy, itu dia tadi arti dari itadakimasu yang sering kamu dengar di film anime atau film Jepang lainnya. Gimana? Menarik sekali bukan? Jika kamu merasa terbantu, silakan share artikel ini untuk menambah ilmu teman-teman kamu, ya!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda