Gaji Animator Jepang Sangat Rendah, Kenapa? - Dewa Otaku

Friday, August 21, 2020

Gaji Animator Jepang Sangat Rendah, Kenapa?

Gaji Pembuat Anime
berapa gaji animator anime Jepang?
Animator adalah istilah atau sebutan bagi mereka yang bekerja di industri studio anime sebagai seseorang yang bertugas untuk menciptakan animasi. Di Jepang, pekerjaan ini sangatlah populer, meski ada fakta buruk dibalik semua itu.

Gaji animator terbilang sangat rendah untuk masyarakat Jepang. Apalagi, jam kerja mereka tidaklah sedikit, melainkan hampir menghabiskan waktunya sebagai pekerja animasi.

Sebenarnya, pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang ideal. Namun, banyak orang yang punya ahli seni di desain dan animasi, mereka tidak ada pilihan lain selain menjadi seorang animator.

Gaji Pembuat Anime

Menurut Kotaku.com, hal buruk ini terjadi dan dapat dilihat ketika P.A Works membuka lowongan pekerja anime untuk projek spring. Dari yang mereka simpulkan, iming-iming gaji sebagai animator ini sangat kalah jauh dengan pekerjaan lainnya di Jepang, baik level ringan, hingga level berat.

Meski anime itu sukses, pihak studio terkadang tidak memberikan bonus apapun kepada sang animator. Hal inilah yang membuat para orang awan menjadi heran, kok bisa ya?

Untuk pekerja animator baru, mereka digaji dengan harga 770 Yen (107 ribu rupiah) per jam. Meski terkesan banyak, tetapi uang tersebut tidak sebanding dengan kesulitan mereka saat bekerja dan jam yang harus mereka habiskan hanya untuk bekerja.

Proses pembuatan anime per episode juga terbilang tidaklah cepat, belum rancangan, pewarnaan, edit sana dan edit sini. Mereka hanya dibayar dengan harga yang cukup rendah jika dibandingkan dengan kehidupan Jepang.

Menurut cermati.com, UMR di Jepang per bulan adalah Rp. 10,5 Juta, belum termasuk hal-hal mendadak lainnya. Jika dilihat dari perkiraan tersebut, maka gaji seorang animator bisa dibilang cukup untuk memenuhi kehidupannya.

Namun, apabila seorang animator itu memiliki keluarga? Jam waktu kerja yang kurang dari seharusnya? Maka bayaran per jam itu tidaklah menjadi penjamin yang cocok bagi mereka.

Belum lagi, jika anime tersebut tidak laku, dan pihak studio harus menelan kerugian yang sangat amat banyak. Maka masa depan dan kontrak sang animator juga akan ikut terancam. Maka dari itu, baru-baru ini pemerintah Jepang dengan tegas akan dan sudah menghapus website-website anime ilegal di dunia. Selain itu, Jepang juga akan menghukum bagi mereka yang sengaja mengunduh anime maupun manga secara ilegal.

Demi keberlangsungan produksi anime dan sang animator, ini sangatlah keputusan yang akan membantu. Maka dari itu, kita hanya bisa mensupport mereka yang sedang berusaha menghibur kita.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda