Apa Kepanjangan OVA, ONA, PV, dan CM? - Dewa Otaku

Monday, September 14, 2020

Apa Kepanjangan OVA, ONA, PV, dan CM?

Apa Kepanjangan OVA, ONA, PV, dan CM?
apa arti ova ona pv dan cm?
Bingung apa kepanjangan dari OVA, ONA, PV, dan CM dalam dunia anime? Kali ini Dewa Otaku akan memberikan informasi tentang pengertian sekaligus kepanjangan dari keempat istilah tersebut.

Kita mulai dari ONA, OVA, lalu PV dan CM.

PV itu trailer
sumber: pinterest.com

Apa yang dimaksud dengan ONA?

ONA adalah sebuah kepanjangan dari "Original Net Animation". Jadi, biasanya ONA ini langsung dirilis melalui internet dan  juga biasanya memiliki durasi yang jauh lebih pendek.

ONA juga memiliki kemungkinan tayang di stasiun televisi, jika ONA yang bersangkutan telah ditayangkan melalui internet terlebih dahulu.

Apa yang dimaksud dengan OVA?

OVA merupakan kepanjangan dari "Original Video Animation". Ini berarti Ova langsung dipublikasikan atau ditayangkan dalam format video dan tanpa didahului dengan penayangan di televisi.

Namun, ada sebagian OVA yang didahului dan ditayangkan melalui televisi atau bioskop-boskop Jepang. OVA juga memiliki arti dan deskripsi yang sama dengan trailer.

Apa yang dimaksud dengan PV?

Ini pasti sering banget kalian dengar atau baca. PV merupakan kepanjangan dari "Promotional Video" atau artinya video promosi. PV biasanya digunakan untuk mempromosikan anime-anime yang akan tayang (belum ditayangkan).

Apa yang dimaksud dengan CM?

CM? Centimeters? Dalam anime CM bukanlah centimeters. CM merupakan kepanjangan dari "Commercial Message". Artinya, CM merupakan sebuah tayangan video yang ditunjukkan untuk memberikan informasi-informasi seputar anime yang bersangkutan.

Tu bi kontinyu
sumber: pinterest.com

Nah, itu dia tadi kepanjangan dan penjelasan singkat mengenai OVA, ONA, PV, dan CM. Jika kalian masih belum memahami mengenai keempat hal di atas, kalian bisa bertanya kepada admin atau diskusi melalui kolom komentar di bawah ini!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda