Apa Perbedaan Wibu dan Otaku? - Dewa Otaku

Thursday, September 17, 2020

Apa Perbedaan Wibu dan Otaku?

Apa Perbedaan Wibu dan Otaku?
apa sih bedanya wibu sama otaku?
Pernah tidak kalian mendengar istilah wibu atau otaku? Jika pernah, apakah kalian tahu beda kedua istilah tersebut?

Berikut ini kami akan memberikan kamu apasih perbedaan wibu dan otaku itu? Kalian pasti penasaran kan? Yuk simak artikel berikut!

Penjelasan wibu dan otaku

Penjelasan otaku

Apa itu otaku
sumber: jiproject.blogspot.com

Otaku merupakan istilah yang berasal dari bahasa Jepang. Otaku sendiri memiliki arti seseorang yang sangat serius untuk menekuni hobinya. Istilah ini memang berarti sangat luas, tetapi, otaku lebih dikhususnya untuk pecinta anime, game, dan manga sejak kedua dekade 1990-an.

Kini, di Indonesia, otaku sering disebut kepada orang-orang yang hanya menonton anime. Padahal, hal tersebut belum tentu benar, karena jika hanya menonton, orang tersebut tidak dijamin apakah hobi dan suka menonton anime.

Penjelasan wibu

Apa itu wibu
sumber: quora.com

Wibu sebenarnya lebih cocok untuk disematkan kepada fans anime, manga, dan jejepangan lainnya. Pengertian wibu sebenarnya adalah orang-orang yang bukan berasal dari Jepang, tetapi menganggap dirinya berasal dari Jepang.

Wibu berasal dari bahasa asing, "weeaboo". Wibu sendiri memiliki julukan-julukan seperti: "wibu bau bawang", "wibu nolep", dan lain-lain.

Jika dilihat dari pengertian, perbedaan antara wibu dan otaku sebenarnya sudah sangat mencolok. Perbedaannya yaitu sebagai berikut.

1. Otaku untuk orang yang menyukai hobi mereka, baik berupa game, anime, atau manga. Sedangkan, wibu untuk orang non Jepang yang sangat mencintai jejepangan seperti anime, manga, dan artis-artisnya.

2. Otaku untuk orang Jepang dan non Jepang. Sedangkan wibu untuk orang non Jepang, atau orang yang bukan berasal dari Jepang.

3. Otaku tidak hanya untuk orang yang suka anime, orang yang hobi game juga bisa dikatakan sebagai otaku. Sedangkan untuk orang yang suka bermain game saja tidak bisa dikatakan sebagai wibu.

Jadi, wibu dan otaku sebenarnya adalah dua hal yang tidak sama. Apalagi jika ada yang mengatakan bahwa otaku adalah istilah yang lebih halus dan wibu adalah isitilah yang lebih kasar. Dua istilah tersebut sebenarnya memiliki artinya masing-masing.

Nah, itu dia tadi penjelasan dan perbedaan antara kedua istilah yang sering sekali diucapkan untuk para pecinta jejepangan. Menurut kalian gimana? Jangan lupa di share ya!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda