Cara Ubah File Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia - Dewa Otaku

Tuesday, October 20, 2020

Cara Ubah File Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Ubah bahasa file pdf ke indonesia
kredit: maxmanroe
Halo guys, bingung cari gimana cara ubah file yang berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya menjadi bahasa Indonesia? Kalau iya, yuk simak tutorial cara ubah file bahasa asing ke bahasa Indonesia beserta gambarnya, berikut ini!

Namun, tutorial kali ini hanya mendukung file dengan format pdf, doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx, odt, ods, odp, srt, dan txt. Baik, dari pada nunggu lama lagi, yuk lihat cara yang pertama!

1. Search di Google "onlinedoctranslator" atau klik link ini

Ubah bahasa file ke indonesia

Pertama-tama, buka browser kalian, baik itu chrome atau yang lainnya, lalu ketik di mesin pencari kalian dengan kata kunci "onlinedoctranslator". Jika sudah, maka muncul tampilan seperti gambar di atas, dan kalian bisa klik halaman website yang paling atas.

Jika mengalami kendala pada mesin pencari, maka kalian bisa klik langsung halam website tersebut di sini!

2. Pilih menu "Penerjemah"

Ubah bahasa file ke indonesia

Setelah masuk ke halaman website, kalian bisa lihat menu apa saja yang telah disediakan oleh website tesebut. Nah, untuk menerjemahkan file, kalian bisa pilih tool, atau menu "Penerjemah" seperti gambar di atas.

3. Upload file

Ubah bahasa file ke indonesia

Setelah kalian klik menu "Penerjemah", kalian akan di arahkan pada tampilan menu tersebut. Nah, jika kalian bingung mencari tempat upload atau unggah filenya, kalian bisa scroll ke bawah dan kalian akan melihat tampilan seperti gambar di atas. Setelah itu, klik "Upload File".

4. Pilih file

Ubah bahasa file ke indonesia

Setelah kalian klik "Upload File", maka kalian akan di arahkan ke tampila file manager. Setelah masuk ke menu ini, yang harus kalian lakukan adalah mencari file yang akan diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Setelah kalian menemukan file yang akan diterjemahkan, kalian klik/pilih filenya, lalu tekan open atau buka.

5. Pilih bahasa yang ingin terjemahkan, yaitu Indonesia

Ubah bahasa file ke indonesia

Setelah kalian berhasil memilih file yang akan diterjemahkan, kalian otomatis di bawa ke menu pilihan bahasa. Nah, menu yang kalian perlu pilih adalah menu yang di sebelah kanan. Caranya adalah klik kotaknya, lalu pilih. 

Mengapa? Karena yang disebelah kiri itu adalah bahasa original file, atau bahasa awal file. Jika bahasa awal file tidak sesuai, maka kalian bisa ganti tersebut dengan cara yang sama, yaitu klik kotaknya, lalu pilih.

Jika sudah, kalian klik tombol "Terjemahkan" yang nantinya akan berubah warna menjadi oranye.

6. Tunggu prosesnya

Ubah bahasa file ke indonesia

Setelah itu, tunggulah website tersebut menerjemahkan file kalian. Perlu kalian ketahui, website tersebut menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan file kalian.

7. Setelah selesai, kalian pilih "Download dokumen terjemahan Anda!"

Ubah bahasa file ke indonesia

Setelah proses terjemahan selesai, saatnya kalian download file yang sudah jadi dengan memilih pilihan "Download dokumen terjemahan Anda". Setelah itu, file yang kalian download sudah bisa kalian buka dan dibaca sesuai bahasa yang diterjemahkan.

Nah, itu dia tadi tutorial bagaimana cara mengubah file bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia. Gunakanlah cara ini dengan bijak dan benar, jangan merugikan pihak manapun agar kalian terbebas dari hukuman yang mengikat.

Jika ada kendala atau kesulitan dalam mempraktikan tutorial di atas, silakan komen di pada menu komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda