Indonesia Peringkat Ketiga Pembaca Terbanyak di Manga Plus - Dewa Otaku

Thursday, October 15, 2020

Indonesia Peringkat Ketiga Pembaca Terbanyak di Manga Plus

Manga plus indonesia
kredit: blog.en.uptodown.com
Manga plus merupakan layanan baca manga digital legal yang dimiliki oleh Shueisha. Baru-baru ini, Yuta Moriyama, seorang editor majalah Shonen Jump+ telah membagikan informasi tentang negara-negara yang paling sering atau paling banyak mengakses Manga Plus.

Daftar yang dibaikan merupakan data pembaca di bulan September 2020 dan disampaikan melalui akun Twitter milik Yuta Moriyama. Berikut ini daftarnya.

1. USA (Amerika Serikat)

2. Thailand.

3. Indonesia.

4. Meksiko.

5. Filipina.

6. Spanyol.

7. Malaysia.

8. Brasil.

9. Peru.

10. Jerman.

11. Italia.

12. Argentina.

13. Chili.

14. Kamboja.

15. Perancis.

16. India.

17. Kanada.

18. UK (Britania Raya).

19. Vietnam.

20. Singapura.

Berikut ini informasi resminya melalui akun Twitter.

Menurut keterangan dari Moriyama, pada masa lalu, jarang sekali ada seri yang belum diadaptasi ke anime atau live action bisa sangat populer di Jepang. Ia juga berspekulasi bahwa apakah popularitas serialisasi baru pada Manga Plus ini memang sangat berpengaruh pada kualitas karya manganya, atau mungkin karena kurangnya pembajakan atas komik yang dimaksud.

Untuk negara Indonesia sendiri, hal ini ternyata dapat membuktikan sebagian pecinta manga masih ingin menikmati dan membaca manga di layanan baca manga legal (resmi). Hal ini juga mengingat sebagian masyarakat, khususnya pembaca manga masih membaca manga yang tidak resmi atau ilegal.

Bagaimana menurut kamu?

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda