Kenapa Wibu dan Otaku Kebanyakan Laki-Laki? - Dewa Otaku

Friday, October 16, 2020

Kenapa Wibu dan Otaku Kebanyakan Laki-Laki?

Kok wibu banyakan cowok

Halo guys, pernah tidak kalian bertanya "kok wibu sama otaku lebih banyakan cowok ya daripada cewek?" Kalau pernah, yuk baca artikel ini sampai habis!

Sebelumnya, kalian sudah tahu tidak apa itu wibu dan apa itu otaku? Kalau belum, yuk kita lihat dulu penjelasannya sebelum mencari tahu dari pertanyaan pertama tersebut.

Wibu adalah sebutan bagi mereka untuk menyebut orang-orang yang terlalu terobsesi terhadap budaya Jepang atau mereka bisa melakukan aktivitas yang sering dilakukan orang Jepang. Sedangkan, otaku adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi. Jadi otaku itu belum tentu wibu dan pecinta anime biasa belum tentu wibu dan otaku.

Lantas, kenapa mayoritas wibu dan otaku yang kita lihat adalah laki-laki? Berikut opini Dewa Otaku tentang pertanyaan tersebut!

1. Visualisasi

Kok wibu banyakan cowok
kredit: pixabay

Anime memiliki visualisasi yang menjual hal-hal imut pada karakternya terutama karakter perempuan. Kesan moe-moe sangat disukai oleh laki-laki karena dianggap menghibur dan menarik perhatian mereka. 

Coba kita sebutkan karakter anime yang memiliki keimutan luar biasa, seperti karakter di anime Love Live!, Kobayashi-san No Maid Dragon, Yuru Camp dan masih banyak lagi.

Hal seperti ini sangat disukai oleh para lelaki yang merasa penat dengan kehidupan aslinya Hal ini sama seperti wanita yang lebih menyukai Drakor atau K-Pop, karena mereka menyukai visualisasi para idol mereka yang tampan dan menawan.

2. Karena Suka dari Kecil

Kok wibu banyakan cowok
kredit: pixabay

Siapa yang waktu kecil suka sekali menonton Detective Conan, Dragonball, Inuyasha, Samurai X, Hunter X Hunter atau mungkin Naruto dan One Piece? Jika iya, maka adalah hal yang wajar untuk para lelaki menyukai anime karena sejak kecil mereka memang sudah mengenalnya.

Jadi ketika mereka ingin mencari tau kelanjutan dari anime di atas, setelah menamatkan episodenya, mereka akan mencari anime sejenis dan terus bertambah koleksi tontonan mereka.

Lalu, bagaimana dengan perempuan? Biasanya, perempuan ketika masih kecil akan diajarkan untuk hidup selayaknya gadis cantik dengan cara diberikan mainan Barbie atau menonton Barbie dan hal imut lainnya yang biasa ditonton anak perempuan.

3. Aksi di Anime Keren

Kok wibu banyakan cowok
kredit: cutewallpaper

Masih bersangkutan dengan nomor dua. Perempuan biasanya menganggap anime ya hanya Naruto dan One Piece yang banyak aksi, hal ini sudah tertanam sejak kecil sehingga yang mereka tau anime hanya tentang gelud saja hehe. 

Padahal, sejatinya anime juga memiliki banyak genre. Bahkan, ada yang khusus untuk perempuan yaitu genre Shoujo, tapi yaa karena pengetahun mereka yang sedikit, jadi menganggap bahwa semua anime itu hanya untuk laki-laki.

Sejatinya untuk menentukan apakah laki-laki atau perempuan yang mendominasi kaum wibu dan otaku ini sangat sulit. Sebab, belum ada data resmi yang bisa kita jadikan acuan yang tepat.

Kita hanya bisa melihat dari sosial media, teman dekat, serta lingkungan kita, bahwa kaum wibu dan otaku lebih didominasi oleh kaum laki-laki. Hal ini sama dengan kaum K-Popers yang didominasi oleh kaum perempuan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda