Review Anime Horor Terbaik, Another - Dewa Otaku

Saturday, October 31, 2020

Review Anime Horor Terbaik, Another

Review Another
Rekomendasi Anime Horor 

Anime Another adalah anime yang ditayangkan dalam serial TV 12 episode yang diproduksi oleh P.A. Works dan disutradarai oleh Tsutomo Mizushima dan telah ditayangkan di Jepang pada tanggal 10 Januari hingga 27 Maret tahun 2012.

Jalan Cerita

Sinopsis Another
Sumber gambar: wallpapermemory.com

Cerita ini bermula saat tahun 1972, di SMP Yomiyama Utara ada seorang murid dari kelas 3-3 yang sangat populer, dia sangat digemari oleh teman-temannya maupun para guru di sekolah. Namun di tengah-tengah tahun pelajaran ia meninggal tanpa suatu sebab yang jelas. 

Hingga pada suatu ketika salah seorang murid dari kelasnya mengatakan bahwa Misaki masih hidup dan ikut belajar bersama mereka, keanehan inipun terus berlanjut, satu demi satu murid di kelas tersebut mengatakan hal yang sama seperti sebuah wabah yang mulai menjangkiti orang-orang di sekitarnya.

Dan pada hari kelulusan para murid-pun sang kepala sekolah sengaja menyisihkan sebuah kursi untuknya bersama teman-temannya yang lain.

Namun pada tahun berikutnya, keanehan yang terjadi di kelas 3-3 belum berakhir. Kursi yang seharusnya cukup untuk para murid ternyata masih kurang, hal ini dikarenakan ada seorang murid tambahan yang seharusnya tidak ada di kelas tersebut.

Dari sinilah dimulainya kutukan kelas 3-3, setiap bulan sekali sedikitnya ada salah seorang murid ataupun kerabatnya yang meninggal ataupun tertimpa kecelakaan. Hal inipun terus berlanjut di tahun-tahun setelahnya.

Dan biasanya setelah perayaan kelulusan barulah diketahui siapa murid tambahan misterius tersebut, yang tidak lain adalah korban kutukan kelas 3-3 pada tahun-tahun sebelumnya. Karena kutukan ini, kota Yomiyama bagaikan terselimuti oleh atmosfer yang amat menyeramkan dari gelapnya kutukan yang ada di dalamnya.

Dua puluh enam tahun kemudian, Sakakibara Kouchi (Abe Atsuhi) seorang remaja 15 tahun pindah sekolah ke SMP Yomiyama Utara di kelas 3-3 dari Tokyo dikarenakan pekerjaan ayahnya dan mengharuskannya tinggal bersama kakek, nenek dan bibinya di sana.

Setelah sebelumya dirawat di rumah sakit, ia-pun mulai mengikuti pelajaran bersama teman-temannya, ditemukannya suasana yang tidak biasa mengelilingi teman-teman sekelasnya.

Disana ia juga bertemu dengan seorang gadis cantik misterius berpenutup mata bernama Misaki Mei, dan entah kenapa teman-teman sekelasnya serta wali kelasnya-pun bagaikan tidak mengetahui tentang keberadaan gadis ini, ia bagaikan sesuatu yang tidak ada di kelas tersebut.

Tanpa mempedulikan peringatan yang diberikan oleh teman-temannya, termasuk Mei sendiri, Kouchi sedikit demi sedikit mulai dekat dengannya. Hingga akhirnya muncul-lah kejadian demi kejadian yang menyebabkan hilangnya nyawa murid-murid di kelas tersebut ataupun orang-orang dekat dengan mereka.

Hingga suatu waktu mereka mengetahui bahwa kutukan ini dapat dihentikan, sebagaimana yang terjadi pada 15 tahun yang lalu yang mana pada pertengahan tahun pelajaran kejadian mengerikan tersebut berhenti. 

Dimulailah perjuangan Kouchi, Mei beserta mereka teman dan wali kelasnya untuk mengungkap rahasia apa yang ada di balik kutukan kelas 3-3 dan menemukan siapa murid misterius tambahan yang muncul pada angkatan mereka lalu cara untuk menghentikan kutukan mengerikan ini agar tidak ada lagi orang-orang yang mereka kasihi harus meregang nyawa.

Trailer Another


Alasan Kalian Harus Nonton Another

Another Wallpaper
Sumber gambar: pinterest.com

Jika kalian menyukai kisah yang penuh akan teka-teki, Another merupakan salah satu yang terbaik. Anime ini berhasil memasukkan unsur misteri ke dalam cerita dengan cukup sempurna, hingga jika kita tidak teliti dengan baik saat menontonnya mungkin kita tidak akan mengetahui bahwa adegan yang kita kira tidak terlalu berarti ini adalah salah satu kunci jawaban dari misteri yang muncul pada cerita.

Ceritanya-pun penuh akan plot twist yang tidak akan dengan mudah kita sadari, sehingga ketika kita telah tiba pada episode terakhir rasa puas akan sangat terasa ketika klimaks dari cerita ternyata penuh akan kejutan yang tidak akan kita sadar sebelumnya. Dan dapat dikatakan pula, tanpa unsur gore yang ditampilkanpun anime ini sudah cukup menarik dengan cerita yang dibawakannya.

Selain itu penokohan karakter pada anime inipun terbilang cukup baik. Meski porsi yang di dapat dari beberapa karakter terbilang sedikit, tapi hal itu sudah cukup untuk menjelaskan bagaimana sang karakter tersebut.

Kebusukan seorang manusia digambarkan dengan begitu hebatnya sehingga dapat menyulut api kebencian penonton ketika melihat karakter yang berprilaku seperti itu. 

Efek psikologis pada anime ini juga terasa sangat kuat, ketika kita telah mengetahui rahasia dibalik karakter Misaki Mei siapa yang tidak akan bersimpati kepada dia, banyaknya beban yang harus ia hadapi tentu mempengaruhi penilaian kita terhadap karakter-karakter yang ada di anime ini, terlebih ketika sang karakter utama Kouchi juga ikut terseret ke dalamnya.

Dari segi grafis sendiri, anime ini memilki detail yang cukup baik pada animasinya. Tiang yang berkarat, kaca yang pecah serta karakter-karakter figuran yang ada digambarkan dengan cukup sempurna. Desain karakternya-pun cukup menarik, kita akan sepakat jika karakter yang dikatakan di sinopsis sebagai karakter yang cantik benarlah adanya.

  • Skor MAL: 7.79 (#884)
  • Anifanscore: 81% (229/283) - Menarik
  • Perilisan: Musim Dingin 2012
  • Penayangan: -
  • Studio: P.A. Works
  • Adaptasi: Novel
  • Jenis: Animasi TV
  • Jumlah Episode: 12 Episode (24 Men.)
  • Genre: Mystery, Horror, Supernatural, Thriller, School.
  • Rating: D(18+) Dewasa

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda