Opini Kenapa Wibu dan Kpopers Suka Ribut - Dewa Otaku

Thursday, November 5, 2020

Opini Kenapa Wibu dan Kpopers Suka Ribut

WIBU VS KPOPERS
Benarkah wibu dan kpopers tidak pernah akur?

Sebelum memahami lebih lanjut, mari kita pahami dulu arti dari kedua kubu ini. Baik, kita mulai dari Wibu terlebih dahulu dan akan dilanjutkan dengan Kpopers.

Dilansir dari Wikipedia, Wibu/Weeaboo/Japanofillia adalah ungkapan yang ditunjukkan kepada seseorang atau kelompok orang yang sangat terobsesi dengan budaya Jepang secara berlebihan atau bertingkah laku seakan-akan mereka tinggal di negara Jepang.

Sedangkan, Kpopers adalah orang-orang yang menyukai sesuatu yang berbau Kpop. Mereka Mengagumi Idola Korea mereka, mereka sangat tergila-gila dengan idola mereka.

Perbedaan mendasar dari Wibu dan Kpopers

WIBU VS KPOPERS
Sumber gambar: Quora

1. WIbu adalah penggemar budaya jepang seperti manga, anime dan musik jepang sedangkan K-Popers adalah pengemar Musik Korea, drama korea dan juga film korea.

2. Wibu didominasi oleh kaum laki-laki yang suka sekali pada cerita imajinatif dalam manga ataupun anime.

3. K-popers didominasi kaum hawa yang suka pada kecantikan dan ketampanan musisi korea.

4. Meski WIBU identik dengan laki-laki dan K-Pop identik dengan wanita tapi ada juga wanita yang menjadi wibu ataupun laki-laki yang menjadi KPopers seperti om Kori Haryono itu tuh.

Dilansir dari suatu forum diskusi, terdapat salah satu anggota yang beropini tentang alasan wibu dan kpopers ini terkadang berseteru. Berikut opininya.

Mereka yang vokal menebar kebencian antar K-Popers dan wibu di dunia manapun hanyalah segelintir minoritas di komunitasnya. Teman-teman K-popers maupun wibu sudah kehabisan banyak waktu oleh pekerjaan/pendidikan/kegiatan mereka didunia nyata, menonton drama Korea, drama Jepang, anime, MV, konser idol favorit mereka, mengulik berita terkini mengenai idola mereka, dan berdiskusi atau berbagi informasi mengenai K-Pop dan anime saya biasa melakukannya dengan adik. Semua itu sudah menguras banyak tenaga, sementara ikut adu ejek perlu tenaga dan emosi yang sangat banyak.

Tapi, mengapa sebagian itu saling membenci? Ada banyak kemungkinan sih. Bisa saja salah satu merasa superior dan memandang rendah yang lain. Bisa saja hanya orang iseng. Bisa saja karena menurut netizen kebanyakan panjat sosial. Banyak kemungkinan, tapi akan lebih pasti jika menanyakan langsung ke pelopornya.

Sejatinya, opini di atas banyak benarnya. Sebab, belum ada penelitian pasti mengenai alasan wibu dan Kpopers yang terkadang berseteru ini.

Selain itu, yang saya ketahui "tidak semua" wibu dan kpopers yang suka berseteru satu sama lain. Sebab, itu adalah hal yang hanya akan membuang waktu hidup mereka.

Lebih tepatnya lagi, jika dilihat dari beberapa alasan mereka itu hanyalah sekedar "iseng". Mengapa bisa iseng? Oke saya beritahu sedikit.

Dari yang sering saya lihat di grup/komunitas fans anime, terkadang ada saja satu atau lebih orang yang suka mengganggu Kpopers dengan cara masuk ke komunitas Kpopers, lalu menghina idolanya.

Setelah itu, Kpopers ini meresponnya dengan komentarnya yang menunjukkan kemarahannya. Wibu yang berasal dari keisengan tadi, akhirnya senang, karena isengnya direspon oleh Kpopers ini.

Dengan respon yang terus dan tersu menyebar ke anggota lainnya, maka perseteruan akan terus terjadi. Bahkan yang tadinya tidak ingin iseng, bisa jadi ingin melihat respon kemarahan dari Kpopers yang tadi.

Namun walaupun demikian, terkadang wibu iseng tersebut hanya berani di media sosial saja. Jika ia dipertemukan langsung dengan Kpopers yang marah tadi, maka kemungkinan besar wibu tersebut hanya akan malu-malu dan meminta maaf kepada Kpopers. Hal ini pernah saya tonton di salah satu channel YouTube.

Mungkin sekian tadi opini saya mengenai kenapa wibu dan Kpopers suka ribu. Ingat ya, ini hanya sebuah opini. Terima kasih

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda