Mengenal Lebih Dekat Hajime Isayama, Sang Kreator di Balik Epiknya Cerita Attack on Titan - Dewa Otaku

Monday, January 25, 2021

Mengenal Lebih Dekat Hajime Isayama, Sang Kreator di Balik Epiknya Cerita Attack on Titan

Profil Lengkap Hajime Isayama
Di artikel ini kita akan membahas riwayat serta profil-profil yang perlu kalian tahu tentang seorang mangaku yang sudah memiliki nama cukup besar. Hal tersebut disebabkan oleh karya epiknya yang berjudul "Shingeki no Kyojin" atau yang biasa disebut dengan "Attack on Titan".

Hajime Isayama lahir di Oyama, Prefektur Oita, Jepang pada tanggal 29 Agustus 1986 (umur 34 tahun). Nama Hajime Isayama melejit setelas perilisan karya manga pertamanya yang memiliki judul "Attack on Titan".

Sejak menduduki bangku sekolah menengah ke atas di SMA Hita Rinko, Hajime Isayama sudah aktif mengikutsertakan karya-karyanya ke dalam berbagai kontes di sana. Setelah tamat SMA, ia berinisiatif untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Ia masuk ke program studi desain manga yang merupakan bagian dari jurusan kesenian di perguruan tinggi Kyushu Designer Gakuen.

Masuk ke tahun 2006, ia ikut ke dalam Magazine Grand Prix yang dikenal sebagai MGP yang merupakan suatu ajang yang dipromosikan oleh Kodansha. Pada saat itu, versi singkat dari cerita "Attack on Titan" mendapatkan penghargaan "Fine Work".

Saat umurnya menginjak dua puluh (20) tahun, ia pindah ke kota Tokyo untuk bekerja di sebuah warung internet. Hal tersebut ia lakukan demi memenuhi mimpinya sebagai seorang mangaka sukses.

One shot Attack on Titan ini kemudian dimasukkan ke dalam ke buku panduan seri Attack on Titan yang juga disertakan ke dalam versi Blu-ray dan juga adaptasi serial animenya.

Di tahun 2008, ia mengikuti ajang bergengsi manga, Weekly Shounen Magazine Freshman Manga Award ke 80. Ia mendapatkan penghargaan Special Encouragement Award atas karyanya yang berjudul "Heart Break One". Selain itu, karyanya yang bertajuk Orz juga mendapatkan penghargaan di ajang yang sama.

Maju setahun, di tahun 2009, karya berseri pertamanya, yaitu "Attack on Titan" mulai dimuat ke dalam majalah manga bulanan Bessatsu Shonen Magazine. Hajime Isayama juga kembali mendapatkan penghargaan dari karyanya ini.

Di tahun 2011, manga Attack on Titan berhasil mendapatkan kemenangan di kategori shonen dalam ajang Penghargaan Manga Kodansha ke 35. Selain memenangkan kategori tersebut, karyanya juga dinominasikan ke dalam acara penghargaan tahunan seperti Manga Taisho ke 4 dan Penghargaan Kebudayaan Tezuka Osamu ke 16.

Karya Attack on Titan diterbitkan ke dalam bahasa Inggris oleh Kondasha USA dan berhasil menginspirasi beberapa seri manga spin-off, novel, adaptasi anime, serta game. Kesuksesannya tidak hanya sampai sana, ia diangkat sebagai Duta Wisata Hita oleh wali kota.

Di bulan Desember tahun 2018, ia mengumumkan pernikahannya melalui blognya.

Adapun karya-karya dari Hajime Isayama sebagai berikut:

  • Attack on Titan
  • Heart Break One
  • Attack on Titan Inside
  • Attack on Titan Outside
  • Attack on Avengers
  • The Killing Pawn

Sudah kenal lebih dekat dengan Hajime Isayama? Rekomendasikan dan share artikel ini ke sesama penggemar bang Haji yang lainnya ya. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda