5 Software yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Anime - Dewa Otaku

Friday, May 14, 2021

5 Software yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Anime

Aplikasi buat animasi dan anime gratis
 

Beberapa dari kalian pasti ada yang penasaran mengenai software atau aplikasi apa aja yang diguanakan untuk membuat anime, kan? Nah, kalian gak perlu khawatir, pada artikel ini kita akan membahas mengenai software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat animasi atau anime.

Nah sebelum itu, kita perlu mengetahui bahwa arti dari animasi dengan anime itu adalah hal yang sama, hanya saja anime merupakan animasi yang ada di Jepang dan anime adalah pengucapan untuk animasi itu sendiri di negaranya, Jepang.

Baik, tanpa tunggu lama lagi berikut ini adalah 5 (lima) software atau aplikasi yang bisa kamu pelajari agar dapat membuat anime atau animasi. Penasaran? Berikut adalah daftarnya!

1. Toon Boom

download aplikasi buat animasi
 Sumber: allpcworld.com 

Yang pertama ada aplikasi berbasis dekstop yang bernama "Toon Boom". Nah, bagi animator-animator terkemuka, pasti sudah tidak asing dengan salah satu aplikasi yang ada di urutan pertama ini.

Aplikasi Toon Boom memiliki beberapa fitur unggulannya, hal tersebutlah yang menjadikannya sebagai aplikasi yang "disarankan" diketahui oleh animator pemula atau berpengalaman.

Apa saja fitur-fiturnya? Beberapa fitur-fitur dari Toon Boom antara lain adalah pallete, tool brush, camera angle, compasitor, frame-to-frame.

2. Blender

Aplikasi buat animasi
 Sumber: blender.org 

Di urutan kedua anime aplikasi yang biasa dan bahkan sering juga digunakan oleh beberapa animator kelas dunia, aplikasi berbasis dekstop ini adalah "Blender".

Tidak kalah dengan Toon Boom, Blender juga memiliki fitur-fitur unggulan yang menjadikan poin plus aplikasi ini.

Beberapa fitur-fitur unggulan yang membuat animator merasa dimudahkan dalam bekerja adalah sclpting, modeeling, retopology, dan curve.

3. Pencil 2D

Aplikasi buat anime
Sumber: blendernation.com 

Di urutan ketiga ada software atau aplikasi Pencil 2D. Seperti nama aplikasi berbasis dekstop ini, yaitu "Pencil 2D", aplikasi ini dapat menghasilkan karya animasi atau anime keren menggunakan goresan pensil virtual.

Tidak hanya itu, jika kamu bekerja atau belajar aplikasi Pencil 2D ini otomatis kamu dapat menggunakan tipe gambar vector maupun bitmap.

4. KeyShot

Aplikasi buat anime
Sumber: tutorialscgrecord.net 

Di urutan keempat ada aplikasi yang bernama "KeyShot". Aplikasi berbasis dekstop ini sedikit berbeda dari aplikas-aplikasi di atas. Perbedaannya terletak pada hasil yang dimana aplikasi ini lebih mencondongkan animasi atau anime 3D.

Namun, dalam pengerjaan animasi di aplikasi ini juga ada beberapa fitur unggulan yang wajib untuk diketahui.

Beberapa fitur tersebut antara lain adalah real time rendering, focus caustics, flexible access dan camera control.

5. OpenToonz

download aplikasi buat anime gratis
Sumber: thinkinganimation.com 

Salah satu aplikais unggulan dalam membuat anime ini adalah aplikasi open source yang banyak memiliki fitur-fitur terbaik di dalamnya. Aplikasi ini adalah "OpenToonz", aplikasi membuat anime 2D yang gratis dan berbasis dekstop.

Salah satu studio animasi yang menggunakan aplikasi OpenToonz adalah Studio Ponoc yang berhasil menciptakan karya Mary and The Witch’s Flower dan Kamikaze Douga yang menciptakan Batman Ninja.

Nah, itu dia tadi kelima software atau aplikasi yang dapat kamu gunakan jika ingin membuat animasi atau animemu sendiri. Hm, dari kelima aplikasi di atas, mana nih yang menurut kamu paling menarik untuk dipelajari dan digunakan?

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda